Tuesday, May 01, 2007

Kembali


Dear Deary,

Kangen juga ninggalin begitu lama. Kadang pengen untuk ngisi, tapi mungkin belum dapat moodnya aja.

Banyak hal yang terjadi, banyak hal yang patut disyukuri. dalam sulit selalu ada kemudahan. dalam gelap selalu ada terang. Puji Syukur selalu.

Kadang banyak hal yang seperti yang diharapkan, namun terkadang juga tidak terwujud. Yang pasti aku tetap yakin, bahwa Tuhan selalu menjawab setiap permohonan, meski terkadang dengan jawaban 'tidak'.

Begitu banyak perjalanan, begitu panjang jalan ditempuh. Semua semakin memberikan pengertian akan makna tujuan, materil kah, atau spiritual kah? seringkali memang kekecewaan lah yang dituai, ketika tujuan materiil yang diharap-harap tidak tercapai. Aku semakin mengerti, bahwa tak ada yang abadi. semakin lama satu persatu yang dekat menjauh, namun tak kurang pula yang mendekat. satu hilang, esa terbilang. Untungnya, tujuan spiritualku selalu mengingatkan, akan sebait syair sebuah Nasyid,
Dunia Ibarat Air Laut
Diminum hanya menambah haus

Karenanya, memang fitrah dunia memang demikian, baiknya aku tidak letakkan di hati, aku pilih letakkan di tangan, agar mudah dibagi-bagi.

Sekali lagi aku tidak boleh berpuas pada tujuan materiil. Jika ia tidak tercapai, atau diminta kembali, atau mungkin dirampas, ikhlaskan. Yang penting, tuntaskan saja bakti dengan benar dan apa adanya. Aku hanya patut membicarakan hak dalam bakti yang ingin kutunaikan, lebih tidak.

Semakin hari juga kian terasa begitu banyak kenyamanan yang berlalu dengan senyap. Mungkin sudah waktunya mencari tantangan baru, suasana baru, sejauh tidak menjauh dari nilai dan cita-cita pribadiku.

Inilah sapaanku. Tanda bahwa aku kembali menjumpai diary ku.

Jakarta, 1 Mei 2007